Cara Berjualan di Shopee Agar Banjir Orderan!

Berjualan melalui marketplace seperti Shopee selalu memiliki tantangan tersendiri. Ada banyak tips dan cara berjualan di Shopee yang beredar di internet, tapi apakah semua itu cocok dengan apa yang kamu harapkan?

Sebagai penjual, kamu dituntut untuk memahami produk dan target pasarmu sendiri. Apakah produkmu dapat bersaing dengan toko baru yang muncul setiap harinya. Atau jika kamulah pemilik toko baru, mampukah produkmu menyaingi produk yang sudah ada.

Kami akan memaparkan cara berjualan di Shopee, baik untuk kamu yang akan berjualan di Shopee, atau sedang berjualan, atau bahkan sudah lama memiliki toko online di Shopee. Bagi yang belum punya usaha? Tenang, cara ini bisa kamu pelajari untuk mempersiapkan pembuatan toko online-mu di masa mendatang.

Buat Tampilan Toko yang Rapi dan Menarik

Sejak kecil, kita diajarkan untuk tidak menilai buku dari sampulnya. Tetapi impresi pertama akan suatu hal memanglah dari tampilannya terlebih dahulu. Bayangkan kamu ingin membeli dress, misalnya. Toko mana yang akan kamu kunjungi? Yang terlihat rapi, bersih, pencahayaan terang sehingga warna dan motif pakaian terlihat, dan penjualnya terlihat ramah. Atau, toko yang terlihat berantakan, pencahayaan kurang, dan penjualnya tidak terlihat di manapun? Pastinya kamu akan memilih tipe toko yang pertama, dong?

Nah, itu juga yang calon pembeli nilai ketika melihat produk melalui marketplace seperti Shopee. Hal pertama yang akan mereka lihat adalah bagaimana tampilan produk di tokomu. Apakah sudah kamu susun dan pisahkan berdasarkan kategori atau bercampur aduk semua produknya, apakah sudah memiliki background yang sama, bagaimana dengan warnanya, ada berapa slide foto dalam satu produk untuk menunjukkan detail produknya, dan seterusnya.

Tips membuat tampilan toko yang rapi dan menarik:

  1. Atur dekorasi toko dengan menggunakan template yang sudah disediakan oleh Shopee atau kamu bisa membuat dekorasi sendiri.
  2. Mengelompokkan produk sesuai kategorinya agar terlihat rapi dan memudahkan pembeli dalam memilih produk. Kategori ini juga akan memudahkan produkmu untuk ditemukan oleh pembeli ketika mereka mencari di bar pencarian.
  3. Gunakan foto asli untuk menunjukkan produkmu. Jika produk yang kamu perlihatkan di toko sama dengan produk yang sampai ke tangan pembeli, hal itu akan menaikkan rasa percaya pembeli ke tokomu.
  4. Pasang foto atau video yang memperlihatkan produkmu dari berbagai macam sisi untuk menunjukkan detail produk.

Membuat Deskripsi Produk

Sebagai penjual, kamu harus menjelaskan produk sejelas mungkin kepada pembeli karena mereka ingin tahu detail produk yang akan mereka beli. Terkadang, pembeli merasa malas jika harus bertanya mengenai detail produk kepada penjual dan mereka akan memilih produk lain yang sudah jelas informasinya apa saja.

Beberapa cara berjualan di Shopee untuk mengisi deskripsi produk:

  1. Menuliskan informasi produk secara lengkap seperti jenis bahan, berat, detail unik lainnya.
  2. Sebutkan keunggulan produk, misalnya tahan air, atau anti pecah, atau anti karat, dan lain sebagainya.
  3. Jelaskan cara penggunaan produk secara singkat dan jelas.
  4. Jelaskan informasi mengenai garansi produk jika ada

Menentukan Harga yang Bersaing

Pembeli selalu ingin mendapatkan produk yang mereka inginkan dengan harga miring. Tentu saja hal itu juga berlaku di Shopee. Pembeli akan melakukan survei harga terlebih dahulu ke beberapa toko sebelum menetapkan pada satu pilihan. Bukan hanya foto produk dan kerapihan toko yang mereka lihat, tetapi juga harga yang menarik yang akan menentukan apakah mereka akan membeli produk tersebut atau tidak.

Salah satu cara berjualan di Shopee adalah kamu harus melakukan survei harga terlebih dahulu sebelum mulai memasang harga. Caranya gimana? Kamu bisa kepoin beberapa toko yang menjual produk yang sama atau serupa denganmu agar kamu bisa memasang harga yang bersaing.

Selain memasang harga, kamu juga bisa memasang diskon dan voucher untuk produk yang kamu jual, loh sobat MEA. Karena pembeli tidak hanya tertarik pada barang murah, mereka akan selalu tertarik pada barang diskonan. Cobain deh kalo nggak percaya!

Memberikan Pelayanan Terbaik

Ini yang sering diacuhkan oleh penjual. Terkadang penjual merasa jika produknya sudah bagus, tampilan toko rapi dan menarik, harga cocok, mereka akan merasa terlalu percaya diri bahwa pembeli akan selalu datang kembali.  Nyatanya, sebagus apapun produkmu jika kamu memberikan respon dan pelayanan kepada pembeli dengan cuek, acuh, serampangan, dan sikap dingin sedingin ubin masjid, hal itu juga akan membuat calon pembeli kabur. Kamu pasti nggak pengen kan di-ghosting sama pembeli?

Memberikan pelayanan yang baik kepada pembeli adalah salah satu cara berjualan di Shopee yang harus kamu terapkan. 

Berikut beberapa tipsnya:

  1. Pembeli memang sukanya banyak tanya. Bahkan jika kamu sudah menuliskan deskripsi yang jelas sekalipun, mereka biasanya akan menanyakan kembali melalui chat. Yang bisa kamu lakukan adalah tarik nafas, keluarkan, sabar, dan jangan banting HP karena itu sumber pendapatanmu. Cukup jawab pertanyaan mereka dan tanyakan varian mana yang ingin mereka beli. Jika kamu ingin mendapatkan kunci sabar dan belajar untuk merespon pembeli, kamu bisa mengikuti Kelas Customer Service.
  2. Kemas barang dengan baik dan rapat agar produkmu selamat sampai tujuan. Selalu tanyakan kepada pembeli apakah mereka menginginkan tambahan bubble wrap atau tidak jika produkmu berupa barang mudah pecah atau mudah rusak, sehingga tingkat keselamatan produk tetap terjaga.
  3. Aktifkan berbagai jasa pengiriman agar pembeli memiliki banyak pilihan untuk menentukan jasa pengiriman mana yang mereka inginkan.
  4. Meminta pembeli untuk memberikan review produk agar tingkat kredibilitas produkmu naik dan bisa menarik banyak pembeli baru setelah membaca review dari pembeli sebelumnya.
  5. Memberikan voucher atau bonus kepada pembeli agar mereka kembali lagi ke tokomu.

Menggunakan Fitur Penjual Shopee

Cara berjualan di Shopee selanjutnya adalah dengan memanfaatkan berbagai Fitur Penjual Shopee yang sudah tersedia di Shopee Seller Center atau di aplikasi Shopee. Kamu bisa mencoba fitur Naikkan Produk untuk menaikkan beberapa produk tertentu agar mudah muncul di pencarian. Atau bisa juga menggunakan fitur Iklan Shopee.

Kamu juga bisa menggunakan fitur lainnya seperti Gratis Ongkir Xtra, Cashback Xtra, COD, Promo Ongkir Toko, Shopee Live, Shopee Feed, dan fitur lainnya.

Ingin tahu cara berjualan di Shopee lainnya?

Udah dapet gambarannya kan tentang cara berjualan di Shopee? Tertarik untuk mencoba tapi masih pengen sambil belajar dulu? Pintu Kelas Online Belajar Shopee selalu terbuka untukmu!

Tentang Penulis

Febram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *