Cara Jualan di Shopee Biar Jualanmu Laris dengan Menaikkan Followers

Shopee merupakan salah satu marketplace yang digunakan oleh banyak masyarakat Indonesia. Dengan warna oranye yang mencolok dan mudah digunakan membuat siapa saja bisa mencoba jualan di Shopee.

Sebelum membahas tentang cara jualan di Shopee, kamu harus tahu dulu nih kenapa kamu harus jualan di Shopee:

  1. Shopee memiliki pengguna yang banyak sehingga peluang produkmu untuk dikenal akan tinggi
  2. Shopee mudah dioperasikan dan cukup menggunakan smartphone saja
  3. Kamu tidak perlu memikirkan jasa pengiriman paket karena Shopee sudah terintegrasi dengan berbagai jasa pengiriman paket
  4. Banyak fitur dan promosi yang bisa digunakan untuk menaikkan jualanmu dan semakin memikat pembeli.

Karena sekarang kamu sudah tahu kelebihan dari berjualan di Shopee, sekarang saatnya kamu untuk mengetahui cara jualan di Shopee biar jualanmu laris manis dengan menaikkan followers akun Shopee.

Mungkin kamu bingung ya, kenapa cara jualan di Shopee adalah dengan nambah followers? Sini-sini, saya bisikin. Kita analogikan dengan warung makan, ya. Bayangkan kamu lagi di tempat baru, terus laper. Pengen makan tapi bingung nggak tahu dimana. Nggak pengen makan makanan yang ada di restoran, dan pengen makan di pinggiran jalan buat nyobain makanan khas daerah itu. Kamu bakal nyari tempat yang sepi, atau rame? 

Tentunya nyari tempat makan yang rame, dong? Karena jelas kelihatan banyak pembeli, bisa dipastikan bahwa rasa makanan di warung makan itu memang enak.

Nah sekarang bayangkan kalau warung makan tersebut adalah toko online-mu di Shopee, dan para pembelinya adalah followers-mu. Para pembeli cenderung akan membeli di tempat yang sudah terlihat bagus kredibilitasnya dan dapat dipercaya, bahkan hanya dari jumlah followers. Nah, udah paham kan sekarang kenapa menaikkan followers masuk dalam cara jualan di Shopee?

Keuntungan menaikkan followers di Shopee

Selain menaikkan tingkat kepercayaan pembeli terhadap tokomu, ada keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan cara jualan di Shopee dengan menaikkan followers, yaitu:

  • Meningkatkan penjualan

Jika pengguna Shopee mengikuti tokomu, mereka akan mendapatkan notifikasi dari aktivitas di tokomu. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot-repot menarik perhatian mereka dan memberi tahu mereka produk baru apa atau ada promo apa saja yang sedang dilakukan oleh tokomu.

Cara jualan di Shopee ini menekan waktu dan tenaga dalam melakukan kegiatan promosi.

  • Meningkatkan traffic

Meningkatkan traffic atau kunjungan toko dari pembeli atau pengguna Shopee ke tokomu adalah salah satu hal yang kamu inginkan sebagai penjual. Jika followers yang kamu miliki sudah banyak, kunjungan ke tokomu akan semakin banyak ketika kamu melakukan live atau memposting produk baru di feed.

  • Meningkatkan kredibilitas

Seperti yang sudah dibahas sedikit di awal, pembeli cenderung membeli dari toko yang sudah jelas kredibilitasnya. Salah satu cara menunjukkan kredibilitas tokomu adalah dengan memiliki banyak followers. Semakin banyak pengikut di tokomu, maka semakin terpercaya juga image tokomu di mata pembeli.

Terus, gimana sih cara naikin followers di Shopee?

Kita bedah dulu nih, apa yang dimaksud dengan followers Shopee. Jadi, followers/pengikut Shopee adalah pengguna Shopee yang meng-klik “Ikuti”/”Follow” pada tokomu dan mereka akan mengetahui aktivitas tertentu dari tokomu. Apa nih keuntungan buat kamu sebagai penjual? Jika kamu menambahkan produk baru, memposting feed, melakukan live, mengadakan promo/diskon/flash sale, secara otomatis pengikutmu akan mendapatkan notifikasi. Jadi, kamu nggak perlu lagi melakukan promosi kepada para pengikutmu dan kamu bisa mulai menarik pengikut baru. Seru bukan?

Cara jualan di Shopee ini akan menekan biayamu untuk melakukan iklan dan promosi untuk produk dan toko online-mu. Penasaran cara menaikkan followers akunmu? Ini dia beberapa cara yang bisa kamu coba:

1. Follow pengikut toko saingan

Cara jualan di Shopee yang pertama adalah dengan mengikuti pengikut toko saingan. Jika kamu adalah penjual baru dan masih menargetkan siapa pembelinya, kamu bisa ngepoin akun sainganmu yang menjual produk yang mirip denganmu. Perlu diingat bahwa yang perlu kamu kepoin akunnya adalah akun besar yang sudah memiliki ribuan followers karena dengan begitu, sudah dapat dipastikan pula bahwa toko mereka juga bagus. Pelajari juga review pembeli di toko saingan untuk melihat kualitas produk mereka.

Hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah follow pengikut akun sainganmu. Kemudian, akan muncul notifikasi di akun para pengikut ini yang kemudian akan membuat mereka ngepoin akunmu. Setelah itu, mereka akan memutuskan apakah akan mem-follow back akunmu atau tidak.

2. Follow akun pembeli

Mengikuti akun pembeli adalah hal yang wajib dilakukan oleh penjual. Cara jualan di Shopee ini menunjukkan persentase pembeli akan mengikuti kembali adalah sebesar 60%. Tentunya jika pembeli merasa puas dengan pelayanan yang kamu berikan dan puas dengan produkmu, mereka akan mengikuti kembali tanpa ragu.

3. Gunakan fitur voucher ikuti toko

Fitur voucher ikuti toko adalah voucher berupa potongan harga yang didapatkan oleh pengguna Shopee yang mengikuti toko yang mengaktifkan voucher tersebut. Jadi, pembeli akan mendapatkan potongan harga jika mereka sudah mengikuti akunmu.

Cara jualan di Shopee ini dapat meningkatkan followers-mu hingga 1000 followers per bulan! Tertarik? Ini dia caranya mengaktifkan fitur voucher ikuti toko:

  • Masuk ke Shopee Seller Center
  • Klik “Promosi Saya” kemudian klik “Voucher Ikuti Toko”
  • Klik “Buat Voucher Ikuti Toko”
  • Kemudian isi form yang diminta seperti nama voucher toko, periode promo, dan pengaturan voucher seperti tipe voucher, tipe diskon, minimum pembelian, dan kuota pemakaian
  • Kemudian klik “Konfirmasi”

4. Mengaitkan toko dan sosial media

Tentunya kamu sering melihat akun Shopee yang diletakkan di bio akun sosial media seperti Instagram atau Twitter, kan? Nah, ini adalah salah satu cara jualan di Shopee yang bisa dimanfaatkan untuk menarik followers pembeli dari akun sosial media menuju ke akun tokomu di Shopee.

Berikut cara untuk menyalin link tokomu di Shopee:

  • Buka aplikasi Shopee kemudian klik “Saya”, lalu klik “Toko Saya”
  • Scroll ke bawah kemudian klik “Lihat Toko Saya”
  • Klik titik tiga di kanan atas kemudian pilih “Share”
  • Pilih “Salin Tautan”

Mudah, kan?

Tertarik untuk mencoba? Atau ingin dapat informasi lain mengenai cara jualan di Shopee? Bisa banget! Kamu bisa mengikuti Kelas Online Belajar Shopee di sini!

Tentang Penulis

Febram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *