Hal-hal Tentang Iklan Facebook yang Perlu Kamu Ketahui

Facebook Ads atau iklan Facebook adalah fitur dari Facebook untuk mengiklankan atau mempromosikan Fanpage yang sudah dibuat sebelumnya oleh pengguna Facebook. Fitur ini dapat dipasang dengan jangkauan yang berbeda dan dapat diatur sedemikian rupa oleh pemasang iklan.

Tentunya sebagai pemilik bisnis online, kamu akan bertanya-tanya mengapa harus pasang iklan di Facebook. Perlu nggak sih? Ini dia yang akan kamu dapatkan jika memasang iklan Facebook.

Kenapa harus pasang iklan Facebook?

1. Lebih tertarget

Iklan Facebook sangatlah spesifik dimana kamu bisa memilih siapa saja target pasarmu dan jenis iklan apa yang ingin kamu jalankan. Facebook akan menawarkan kategori target seperti jenis kelamin, umur, lokasi, golongan, hingga prediksi perilaku konsumen.

2. Jangkauan lebih luas

Iklan yang kamu pasang di Facebook tidak hanya ditampilkan di halaman Facebook saja, tetapi juga di aplikasi lain yang terintegrasi dengan Facebook. Jadi, iklan yang kamu pasang akan beredar luas di luar Facebook. Semakin luas pasar yang bisa kamu jangkau.

3. Memberikan matrix analisis lanjutan

Tidak hanya menyebarkan iklan, Facebook juga memberikan matrix analisis iklan yang sudah kamu pasang. Iklan Facebook juga akan memberikan analisis kampanye lanjutan yang seharusnya kamu lakukan untuk iklan selanjutnya. Keren banget, kan!!

4. Memperkuat brand

Iklan Facebook akan menampilkan iklanmu ke audiens tertarget beberapa kali dalam sehari, dan akan tayang selama beberapa waktu tertentu. Dengan begitu, audiens tersebut akan sering melihat iklanmu dan mulai penasaran apa sih yang sering muncul di news feed mereka.

Jenis-jenis iklan Facebook

Setelah mengetahui keuntungan apa saja yang akan kamu dapatkan ketika memasang iklan di Facebook, kamu juga perlu mengetahui macam-macam iklan Facebook. Ada dua kriteria iklan Facebook yang bisa kamu manfaatkan sesuai dengan kebutuhanmu. Yang pertama adalah iklan berdasarkan penempatan yang dibagi menjadi 2. Kemudian ada iklan berdasarkan objektif yang masih dibagi lagi menjadi beberapa. Banyak, kan? Akan kami jelaskan satu per satu, nih sobat MEA.

1. Iklan Facebook berdasarkan penempatan

a. Facebook Ads

Facebook ads adalah iklan yang ditampilkan di dalam Facebook. Iklan ini muncul dalam newsfeed, baik di desktop atau di smartphone 

b. Facebook Audience Network

Sedangkan, jenis iklan Facebook ini menampilkan iklan di luar Facebook. Jadi, iklan ditampilkan di website-website lain yang terintegrasi dengan Facebook.

2. Iklan Facebook berdasarkan objektif iklan

Iklan Facebook ini digunakan berdasarkan tujuan pengguna iklan. Pada bagian ini, kami akan membahas 5 jenis iklan yang paling sering digunakan.

a. Facebook Page Post Engagement Ads

Page Post Engagement (PPE) Ads bertujuan untuk mendapatkan like, comment, dan share sebanyak-banyaknya dari sebuah iklan. Dengan statistik insight yang ada, kamu dapat mengetahui berapa banyak iklanmu mendapatkan like, comment, dan share. Hal ini juga membantumu untuk mengetahui jenis cerita iklan seperti apa yang disukai oleh pengguna Facebook yang ditargetkan untuk menerima iklanmu.

b. Facebook Link Click Ads

Iklan Facebook ini bertujuan untuk menambah jumlah klik terhadap link yang kamu cantumkan di postingan tersebut. Jadi, kamu hanya perlu membuat headline dan subheadline yang menarik, kemudian ceritakan fitur atau kelebihan yang dimiliki oleh produk kamu, lalu diakhiri dengan CTA (call-to-action) seperti “Klik link dibawah ini ya biar kamu makin tahu!!” atau dengan susunan kalimat yang lain.

c. Facebook Website Conversion Ads

Dengan menggunakan iklan Facebook jenis ini, kamu akan mendapatkan konversi ke website yang kamu miliki.konversi yang dimaksud adalah untuk mengajak pengguna melakukan hal selanjutnya, bisa berupa subscription, add to cart, purchase, atau hal lain yang kamu ingin mereka lakukan.

d. Facebook Video Ads

Sesuai namanya, iklan Facebook ini bertujuan agar para pengguna Facebook melihat video kamu. Setelah melihat video yang kamu cantumkan di iklan, kamu bisa membawa dan menarik mereka untuk mengunjungi website-mu dengan memberikan link lanjutan.

e. Facebook Lead Ads

Nah, jenis iklan Facebook ini juga pasti sering kamu temukan, sobat MEA. Kamu pernah dong lihat iklan yang memintamu untuk memasukkan informasi tertentu? Iklan ini bertujuan untuk mendapatkan informasi pengguna seperti nama dan umur, atau untuk mendapatkan kontak pengguna, seperti alamat email atau nomor telepon.

Informasi yang diberikan oleh pengguna akan secara otomatis di pre-filled oleh Facebook, sehingga pengguna Facebook hanya perlu melakukan sign up dan submit untuk memberikan data mereka untukmu.

Iklan Facebook bayar nggak?

Sebagai pemilik bisnis online, tentunya kamu sudah tidak asing bukan dengan fitur Facebook Ads ini? Jika kamu baru mengenal Facebook Ads atau iklan Facebook, kamu perlu mengetahui bahwa untuk memasang iklan di Facebook, tentunya kamu perlu membayar. Jangan kaget gitu dong, haha. Kita memang perlu mengeluarkan uang terlebih dahulu dalam bisnis untuk mendapatkan lebih banyak uang. Tenang, bakal worth it, kok!

Biaya untuk membayar iklan Facebook ini sangat bervariasi loh, sobat MEA. Kamu bisa menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki saat ini. Kamu bisa mulai memasang iklan hanya dengan Rp. 10.000,- saja! Semakin besar biaya yang kamu keluarkan, algoritma iklan Facebook akan menampilkan iklanmu ke berbagai audiens sekaligus.

Saran dari kami sih kalau kamu adalah pebisnis pemula, kamu bisa mulai memasang iklan dengan tarif rendah terlebih dahulu, kemudian baru kamu naikkan lagi seiring berjalannya waktu agar kamu tidak terbebani sejak awal karena biaya iklan yang mahal.

Nah, itu dia beberapa hal penting tentang iklan Facebook

Udah jelas banget kan penjelasan dari kami? Masih kurang? Atau pengen tahu lebih? Bisa banget! Kamu cukup mengikuti Kelas Online kami di sini!

Tentang Penulis

Febram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *